Sunday, September 3, 2017

SENJATA PANGLIMA PERANG PIDIE DITEMUKAN

Senjata panglima perang Pidie ditemukan dalam keadaan masih utuh oleh Teungku Murhaban Bin Teungku Mahmud. Penemuan ini membuat penulis ingin menelusuri situs-situs lain yang berkaitan dengan salah satu panglima perang Pidie yang berada di Gampong Kumbang Waido Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie. Menurut hemat penulis, Pedang ini digunakan oleh Teungku Hasan Bin Teungku Husein dalam perang melawan Belanda.

Teungku Hasan Bin Teungku Husein

Senjata ini sangat tipis dan sangat tajam karena pedang ini memiliki keunikan yang sangat mempesona mata yang melihat. Pedang ini terbuat dari besi Sangsani yang merupakan besi yang sangat tajam. Pedang inilah yang digunakan oleh Teungku Hasan dalam mengusir Belanda kala itu.

Namun, Pedang ini dinamakan dengan Pedang Daun Ijuk atau Peudeung On Jok karena dari bentuknya yang menyerupai Daun Ijuk. Penemuan ini membuktikan bahwa sangat banyak panglima perang yang bertebaran di Pidie yang mempunyai andil besar dan berkonstribusi dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Banyak korban yang berjatuhan dengan pedang itu, hal itu terbukti dengan adanya Jeurat Kaphe yang ada di Desa tersebut. Benteng pertahanan yang beliau bangun adalah benteng alam Kuta Me yang kini masih belum mendapat perhatian dari pihak manapun.

No comments:

Post a Comment