Friday, September 8, 2017

GUCI KERAMAT PANGLIMA PERANG PIDIE DITEMUKAN

Guci eninggalan masa Belanda

Ini penemuan terbaru yang dilakukan oleh Hendra Darmawan Waido di Desa Kumbang Waido Kecamatan peukan Baro Kabupaten Pidie. Guci ini menurut penyimpannya memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Menurut Cerita dari salah seorang keturunan Teungku Hasan Bin Teungku Husein guci ini dipakai untuk mengobati mata orang sakit pada zaman dulunya. Air yang ada di dalam guci ini digunakan untuk mencuci mata orang sakit. Air dalam guci ini mampu mengobati mata yang sedang sakit.

Karakter Guci

Guci ini memiliki warna yang sangat unik sekali, penulis melihat guci ini memiliki warna keemasan mengkilat yang tidak mudah luntur. Guci ini sangat licin dan merupakan satu-satunya guci yang terunik yang pernah saya lihat.

Volume Guci ini kira-kira 15 liter air dan memiliki sifat pendingin alami yang dalam guci ini. Air yang disimpan di dalam guci ini tidak berbau dan tahan lama. Guci ini merupakan salah satu guci yang terindah dengan karakteristik ukiran yang unik.

Guci ini memiliki 4 hidung guci yang berada di atas guci, guci ini juga masih utuh dan tidak lecet sedikitpun. Ini merupakan guci peninggalan panglima perang pidie di masa lampau.


Guci Keramat

Namun dalam hal ini penulis ingin menggali terus peninggalan-peninggalan sejarah yang sangat fenomenal ini. Guci ini membuktikan bahwa banyak sekali orang-orang yang memiliki andil besar terhadap bangsa yang berasal dari desa Kumbang Waido ini. Desa Kumbang Waido menurut dugaan penulis akan menjadi satu-satunya desa yang memiliki nilai wisata daerah di Kabupaten Pidie. 


Dalam hal ini harapan penulis untuk lebih peka terhadap penemuan ini dan menjadikan Gampong Kumbang Waido sebagai wilayah wisata sejarah di Kabupaten pidie. Akan lebih banyak lagi peninggalan-peniggalan sejarah yang akan penulis paparkan lewat blog ini agar masyarakat tahu bahwa Gampong Kumbang Waido merupakan satu Gampong peninggalan para panglima perang pidie di Kabupaten pidie

Wallahu Alam bisshawab.

No comments:

Post a Comment