Monday, August 21, 2017

MENGENAL SOSOK HENDRA DARMAWAN

Beliau dilahirkan pada tanggal 5 Mei 1981 di Desa Gampong Waido Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Gampong Waido merupakan salah satu Gampong atau desa yang berada dijalur Jalan Lampoih Saka dan Simpang Tiga. Gampong Waido dikenal dengan Gampong Teungku Syik Di Pasi yang bernama Teungku Abdussalam Bin Teungku Burhanuddin. Gampong Waido dulunya merupakan sebuah Gampong yang sangat disegani oleh Belanda. Gampong Waido merupakan sebuah Gampong yang bebas pajak atau bebas upeti disebabkan oleh kharismatiknya Teungku Chiek Di Pasi pada masa itu. Gampong tersebut mendapat surat keramat dari kerajaan Sultan Iskandar Muda dengan Cap Raja Sikureung dalam hal pembebasan pajak atau upeti.

Hendra Darmawan adalah merupakan sosok yang tidak asing lagi di mata masyarakat Pidie. Banyak sekali hal yang dilakukan oleh beliau dengan pengabdiannya dalam bidang badaya, sosial, ekonomi bahkan politik. Adapun pengalaman beliau adalah sebagai Sekretaris LSM-KITAB Aceh yang diangkat pada tahun 2008.

Beliau juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Desa/ Gampong Waido selama 7 Tahun dimulai pada tahun 2009 sampai dengan 2016. Pada saat itu beliau juga menjabat sebagai ketua TPK-BKPG selama 4 tahun.

Di bidang politik beliau merupakan Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di Kecamatan Peukan Baro pada Pemilihan Caleg periode 2014-2019. Dan setelah masa pemilihan anggota DPRK,DPRA,DPRI,DPD selesai pada saat itu pula beliau diangkat menjadi ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di Kecamatan Peukan Baro pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pada tahun 2016 pula beliau dipercayakan sebagai Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di Kecamatan Peukan Baro pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/kota. Banyak sekali problema yang dihadapi oleh beliau ketika menjadi Ketua PPK, namun tidak ada satupun masalah yang terjerat dengan hukum. Hal tersebut berkat bantuan dari kawan-kawan PPK dan masyarakat Pidie.

Namun mari kita mengenal lebih jauh tentang sosok Hendra Darmawan yang satu ini.

Beliau adalah anak dari pasangan Bapak Sofyan dengan Ibu Mardhiah yang tinggal di Gampong Waido. Hendra Darmawan merupakan sosok pemuda yang tekun dalam meraih pendidikan. adapun perjalanan pendidikannya adalah Sarjana Pendidikan Islam STIT Al-Hilal Sigli.

Dalam kesederhanaannya beliau mampu berjuang dalam meraih Sarjana. Namun sebelumnya beliau Sekolah pada SD Negeri 1 Waido dan tamat pada tahun 1993. Kemudian Beliau melanjutkan pendidikannya pada SMP Negeri 1 Peukan Baro dan tamat pada tahun 1997. setelah tamat SMP beliau melanjutkan ke SMU Negeri 1 Peukan Baro dan menamatkan sekolahnya pada tahun 2000. pada saat itu Aceh dilanda Konflik yang sangat berat yang dirasakan oleh masyarakat Aceh. Beliau melanjutkan pendidikan informal ke Dayah Darul Falah Jeunib selama enam Tahun.

Pada tahun 2006 beliau melanjutkan pendidikan strata tinggi di Perguruan Tinggi ternama di Kabupaten Pidie. Dengan kesederhanaannya beliau menamatkan kuliahnya pada tahun 2012. Dan pada tahun 2014 baliau melanjutkan ke Pasca Sarjana IAIN Ar-Raniry dan sedang dalam proses pendidikan.

Nomor HP: 082360265343

No comments:

Post a Comment